ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI
ANALYSIS OF SOCIAL MEDIA USE DURING PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.33019/fraction.v1i2.28Keywords:
Media Sosial, Virus Corona, Studi literatur, ARIMAAbstract
Secara nyata media sosial telah mengubah kehidupan sosial masyarakat hampir disemua jenjang dan strata sosial. Perubahan dan perkembangan masyarakat sejatinya dibutuhkan guna mengalirkan siklus bermasyarakat. Pada masa pandemi covid -19 ini, jumlah pengguna media social di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penyebab tren penggunaan media social di masa pandemi dan memprediksi jumlah pengguna media sosial tahun 2023 sampai 2025. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan studi literatur dari berbagai macam jurnal, artikel ilmiah, internet dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari beberapa hasil penelitian diatas dapat diperoleh bahwa yang menjadi penyebab terjadinya tren penggunaan media sosial dimasa pandemi ini adalah dikarenakan masa pandemi virus corona yang menyebar luas ini pemerintah mengeluarkan kebijakan social distancing hingga menyelenggarakan kebijakan (Pembatasan Sosial Berskala Besar ) PSBB. Ditengah penyebaran virus corona ini masyarakat dilarang keluar rumah sehingga menyulitkan masyarat untuk mengetahui informasi dari luar sehingga mengunakan media sosial solusi untuk memperoleh informasi tersebut.
Downloads
References
Astutik, S dan Zulaikha. 2020. Menambah Penghasilan Keluarga Dengan Memanfaatkan Media Sosial di Kalangan Ibu-Ibu Rumah Tangga. Journal Community and Development Society. 2(1):41-55.
Atman Maulana, Hutomo. 2018. PEMODELAN DERET WAKTU DAN PERAMALAN CURAH HUJAN PADA DUA BELAS STASIUN DI BOGOR. Jurnal Matematika, Statistika, dan Komputasi(JMSK). 15(1) : 50-63.
Azkiya Dihni, V. 2021. Indonesia Pengguna WhatsApp Terbesar Ketiga di Dunia. URL : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/23/indonesia-pengguna-whatsapp-terbesar-ketiga-di-dunia. Diakses tanggal 29 Maret 2022.
Cahyono. 2016. Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publician. 9(1):140-157.
Dahono, Y. 2021. Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. URL : https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021. Diakses tanggal 29 Maret 2022.
Databooks.katadata.co.id, 2019, Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia, URL : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia, diakses pada 20 Maret 2022.
Jatmiko, L D., 2020, APJII: 196,7Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet, URL : https://m.bisnis.com/amp/read/20201110/101/1315765/apjii-1967-jutawarga-indonesia-sudah-melekinternet, diakses pada 20 Maret 2022.
M. Ivan Mahdi. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. URL : https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. Diakses tanggal 4 Agustus 2022.
Mutia Annur, C. 2021. Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa?. URL : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa. Diakses tanggal 29 Maret 2022
Ni’matul Rohmah, N. 2020. Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.4(1):1-16
Wulandari, R. Netrawati, N. 2020. Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 5(2):41-46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Imam Izzulsyah, Adiyus , Radika, Ahmad Nur Hidayah , Lianda Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.