PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN HYBRID TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

THE INFLUENCE OF THE HYBRID LEARNING SYSTEM ON THE LEVEL OF UNDERSTANDING OF STUDENTS IN THE MATHEMATICS DEPARTMENT AT BANGKA BELITUNG UNIVERSITY FOR THE 2021/2022 ACADEMIC YEAR

Authors

  • Imam Izzulsyah Universitas Bangka Belitung
  • Iken Setiawan Universitas Bangka Belitung
  • Jhodi Adi Sihamat Universitas Bangka Belitung
  • Haef Iliyyin Universitas Bangka Belitung
  • Puput Syakila Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.33019/fraction.v3i2.49

Keywords:

Sistem pembelajaran hybrid, Pemahaman Mahasiswa, Regresi Linier Berganda

Abstract

Suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang yaitu evolusi zaman. Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Pembelajaran jarak jauh/ Daring adalah suatu alternatif proses pembelajaran yang sempat dilakukan. Namun proses jarak jauh pembelajaran yang tidak sesuai dan banyak kendala mengalami kembali memaksa dosen/pengajar untuk mengubah strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah sistem pembelajaran hybrid dapat mempengaruhi pemahaman belajar mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Bangka Belitung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bantuan software statistik untuk pengolahan data. Hasil analisis regresi ternyata nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,215 atau sama dengan 21,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Sunaryo, Y. Nuraida, and I. Dan Zakiah, “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditin-jau dari Self-Confidence Siswa”, Teorema: Teori dan Riset Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 93–100, 2018.

J. R. Gultom, D. Sundara, and M. D. Fatwara, “Pembelajaran Hybrid Learning Model Se-bagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta”, Mediastima, vol. 28, no. 1, pp. 11–22, Apr. 2022.

F. Ginting, E. Buulolo, and E. R. Siagian, “Implementasi Algoritma Regresi Linear Seder-hana Dalam Memprediksi Besaran Pendapatan Daerah (Studi Kasus: Dinas Pendapatan Kab. Deli Serdang)”, KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov, 2019.

H. Hendrayati and B. Pamungkas, “Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II di Prodi Manajemen FPEB UPI”, Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 13, No. 2, pp. 181–184, 2017.

H. Basri, “Pemodelan Regresi Berganda Untuk Data Dalam Studi Kecerdasan Emosional”, Didaktika Jurnal Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 103–116, 2018.

I. Muthahharah and I. Fatwa, “Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelaja-ran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan,” Jurnal Ma-tematika dan Statistika serta Aplikasinya, vol. 10, no. 1, pp. 53–60, 2022.

B. Adithia, “Perkuliahan Hybrid, kelebihan dan kekurangan,” umn.ac.id, https://www.umn.ac.id/perkuliahan-hybrid-kelebihan-dan-kekurangann-ya/#:~:text=Hybrid%20learning%20adalah%20metode%20pembelajaran,bertatap%20muka%20langsung%20di%20kelas (accessed Nov. 30, 2022).

N. Oktifa, “Metode Pembelajaran Hybrid Learning,” akupintar.id, https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-pembelajaran-hybrid-learning (accessed Nov. 30, 2022).

F. Amirul Huda, “Pengertian pemahaman,” fatkhan.web.id, https://fatkhan.web.id/pengertian-pemahaman/ (accessed Nov. 30, 2022).

J. Bisnis, D. Pemasaran, and B. Oscar, “Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung,” Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2019.

S. Simangunsong and J. Panjaitan, “Pengaruh Model Hybrid Learning Terhadap Level Kognitif Pada Mata Kuliah Fisika Dasar,” Jurnal Penelitian Fisikawan, vol. 5, pp. 39–46, 2022.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

[1]
Imam Izzulsyah, Iken Setiawan, Jhodi Adi Sihamat, Haef Iliyyin, and Puput Syakila, “PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN HYBRID TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG TAHUN AJARAN 2021/2022: THE INFLUENCE OF THE HYBRID LEARNING SYSTEM ON THE LEVEL OF UNDERSTANDING OF STUDENTS IN THE MATHEMATICS DEPARTMENT AT BANGKA BELITUNG UNIVERSITY FOR THE 2021/2022 ACADEMIC YEAR”, Fraction, vol. 3, no. 2, pp. 71–79, Dec. 2023.

Most read articles by the same author(s)