PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN HYBRID TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG TAHUN AJARAN 2021/2022
THE INFLUENCE OF THE HYBRID LEARNING SYSTEM ON THE LEVEL OF UNDERSTANDING OF STUDENTS IN THE MATHEMATICS DEPARTMENT AT BANGKA BELITUNG UNIVERSITY FOR THE 2021/2022 ACADEMIC YEAR
DOI:
https://doi.org/10.33019/fraction.v3i2.49Keywords:
Sistem pembelajaran hybrid, Pemahaman Mahasiswa, Regresi Linier BergandaAbstract
Suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang yaitu evolusi zaman. Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Pembelajaran jarak jauh/ Daring adalah suatu alternatif proses pembelajaran yang sempat dilakukan. Namun proses jarak jauh pembelajaran yang tidak sesuai dan banyak kendala mengalami kembali memaksa dosen/pengajar untuk mengubah strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah sistem pembelajaran hybrid dapat mempengaruhi pemahaman belajar mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Bangka Belitung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bantuan software statistik untuk pengolahan data. Hasil analisis regresi ternyata nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,215 atau sama dengan 21,5%.
Downloads
References
C. Sunaryo, Y. Nuraida, and I. Dan Zakiah, “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditin-jau dari Self-Confidence Siswa”, Teorema: Teori dan Riset Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 93–100, 2018.
J. R. Gultom, D. Sundara, and M. D. Fatwara, “Pembelajaran Hybrid Learning Model Se-bagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta”, Mediastima, vol. 28, no. 1, pp. 11–22, Apr. 2022.
F. Ginting, E. Buulolo, and E. R. Siagian, “Implementasi Algoritma Regresi Linear Seder-hana Dalam Memprediksi Besaran Pendapatan Daerah (Studi Kasus: Dinas Pendapatan Kab. Deli Serdang)”, KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov, 2019.
H. Hendrayati and B. Pamungkas, “Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II di Prodi Manajemen FPEB UPI”, Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 13, No. 2, pp. 181–184, 2017.
H. Basri, “Pemodelan Regresi Berganda Untuk Data Dalam Studi Kecerdasan Emosional”, Didaktika Jurnal Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 103–116, 2018.
I. Muthahharah and I. Fatwa, “Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelaja-ran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan,” Jurnal Ma-tematika dan Statistika serta Aplikasinya, vol. 10, no. 1, pp. 53–60, 2022.
B. Adithia, “Perkuliahan Hybrid, kelebihan dan kekurangan,” umn.ac.id, https://www.umn.ac.id/perkuliahan-hybrid-kelebihan-dan-kekurangann-ya/#:~:text=Hybrid%20learning%20adalah%20metode%20pembelajaran,bertatap%20muka%20langsung%20di%20kelas (accessed Nov. 30, 2022).
N. Oktifa, “Metode Pembelajaran Hybrid Learning,” akupintar.id, https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-pembelajaran-hybrid-learning (accessed Nov. 30, 2022).
F. Amirul Huda, “Pengertian pemahaman,” fatkhan.web.id, https://fatkhan.web.id/pengertian-pemahaman/ (accessed Nov. 30, 2022).
J. Bisnis, D. Pemasaran, and B. Oscar, “Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung,” Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2019.
S. Simangunsong and J. Panjaitan, “Pengaruh Model Hybrid Learning Terhadap Level Kognitif Pada Mata Kuliah Fisika Dasar,” Jurnal Penelitian Fisikawan, vol. 5, pp. 39–46, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imam Izzulsyah, Iken Setiawan, Jhodi Adi Sihamat, Haef Iliyyin, Puput Syakila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.