PROYEKSI HARGA LADA PUTIH DI KOTA PANGKAL PINANG MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING

PROJECTION OF WHITE PEPPER’S PRICE IN PANGKAL PINANG CITY PROVINCE OF BANGKA BELITUNG USING EXPONENTIAL SMOOTHING

Authors

  • Jesika Universitas Bangka Belitung
  • Elyas Kustiawan Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.33019/fraction.v1i1.4

Keywords:

Time Series, Exponential Smothing, Proyeksi

Abstract

Lada putih merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung merupakan salah satu daerah penghasil lada putih di Indonesia. Dengan dilakukannya penelitian ini, peneliti bermaksud ingin memproyeksi harga lada putih di daerah tersebut. Metode analisis yang digunakan di penelitian ini merupakan analisis deret waktu (Time Series Analysis). Metode peramalan yang digunakan pada tahapan analisis deret waktu (Time Series Analysis) merupakan metode Exponential Smothing. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didapatkan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dari bulan Januari 2017 hingga Agustus 2021. Data di analisis dan ditentukan dengan menggunakan model simple, holt, dan brown. Hasil dari penelitian ini adalah harga lada putih di Kota Pangkal Pinang pada bulan Oktober 2021 diproyeksi akan mengami kenaikan harga mencapai Rp. 98.000/kg dengan menggunakan model holt yang menjadi model terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baki Billah, M. Exponential Smoothing Model Selection for Forecasting. . jurnal internasional peramalan, pp 239-247.2006.

Direktorat Jenderal Perkebunan. (2021). Produksi Lada Menurut Provinsi di Indonesia, 2017-2021. https://www.pertanian.go.id/ (Diakses 18 Agustus, 2021).

Fazaria, D.A., Hakim, D.B., & Sahara. Analisis Integrasi Harga Lada di Pasar Domestik dan Internasional. Institute Pertanian Bogor.2016.

Ginting, K. H. Analisis Prosisi Lada Putih Indonesia di Pasar Lada Putih Dunia. Tesis. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.2014.

Makridakis S, S. C. Metode dan Aplikasi Peramalan, Jilid I, Edisi Kedua. Jakarta: Bina Rupa Aksara 2000.

Nurllah, I., & Iswari. J, “Pengaruh Perubahan Harga Lada Putih terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat”. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis., vol. 5 no. 2, pp 224-234, 2019.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

[1]
S. . Pririzki and E. . Kustiawan, “PROYEKSI HARGA LADA PUTIH DI KOTA PANGKAL PINANG MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING: PROJECTION OF WHITE PEPPER’S PRICE IN PANGKAL PINANG CITY PROVINCE OF BANGKA BELITUNG USING EXPONENTIAL SMOOTHING”, Fraction, vol. 1, no. 1, pp. 26–30, Dec. 2021.