PENERAPAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA TERHADAP PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN HARIAN PADA PENJUALAN JAJANAN PASAR DENGAN SOFTWARE SPSS

APPLICATION OF MULTIPLE LINEAR REGRESSION METHOD ON DAILY INCOME AND PROFIT ON THE SALES OF SNACK MARKETS WITH SPSS SOFTWARE

Authors

  • Anggraini Wulandari Universitas Bangka Belitung
  • Aryandi Universitas Bangka Belitung
  • Arisma Babelia Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.33019/fraction.v1i1.3

Keywords:

Model, Pendapatan, Keuntungan, Penjualan, Jajanan Pasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pendapatan dan keuntungan atau laba pada penjualan jajanan pasar di warung kue MQ dan untuk mengetahui cara perhitungan yang lebih efektif terhadap pendapatan dan keuntungan pada usaha penjualan jajanan pasar. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan observasi. Nilai R square yang diperoleh yaitu sebesar 0.513 artinya adalah 51.3% keuntungan bersih yang diperoleh oleh penjual jajanan pasar di warung kue MQ dipengaruhi oleh variabel omset hari Senin, hari Selasa, hari Rabu, hari Kamis, hari Jumat, hari Sabtu dan hari Minggu. Sementara 48.7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, D. (2011). Efek Pendapatan Pedagang Tradisional dari Ramainya Kemunculan Minimarket di Kota Malang. Jurnal Dinamika Manajemen , 2, 170.

Aryanty, N. (2013). Analisis Perbedaan Pasar Mo.dern dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) dan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis , 13, 19

Damayanti, R., & dkk. (2014). Analisa Biaya dan Permintaan pada Penetapan Harga Marginal Unit Rumah di Perumahan Royak Regency, Lumajang. Jurnal Teknik Pomits , 3, 36.

Henny Allifah, “Jajanan Pasar ini Tersebar di Berbagai Penjuru Nusantara”. (Online), tersedia di: https://www.satujam.com/jajanan-pasar/, (25 Oktober 2021: 7.00 p.m).

Kusuma, Arie P. (2017) Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team Assisted Individualization ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matmatika , 8, 136.

Pratiwi, T. N. (2018). [Skripsi] Pemodelan Matematika Terhadap keuntungan Harian Pada Penjualan Jajanan Pasar. UIN Raden Intan: Lampung.

Widodo, T. (2013). Studi Tentang Peranan Unit Pasar dalam Pengelolaan Sampah di Pasar MerdekaKota Samarinda. eJournal Administrasi Negara , 1, 30-31.

Wijayanti, Septiana., & dkk. (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 8, 102.

Yuliati, U. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan Tradisional di Kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis , 1, 10.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

[1]
A. Wulandari, Aryandi, and A. Babelia, “PENERAPAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA TERHADAP PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN HARIAN PADA PENJUALAN JAJANAN PASAR DENGAN SOFTWARE SPSS: APPLICATION OF MULTIPLE LINEAR REGRESSION METHOD ON DAILY INCOME AND PROFIT ON THE SALES OF SNACK MARKETS WITH SPSS SOFTWARE”, Fraction, vol. 1, no. 1, pp. 18–25, Dec. 2021.